Google AdWords adalah salah satu platform periklanan online terbesar yang membantu bisnis menjangkau pelanggan di seluruh dunia dan mengembangkan bisnis mereka.
Melalui jaringan bayar per klik ini, pengiklan membayar Google untuk menargetkan pengguna berdasarkan pencarian kata kunci, negara, dan jenis perangkat mereka, dan menayangkan iklan mereka kepada pengguna yang tertarik dengan produk atau layanan mereka.
Awalnya bernama Google AdWords, perusahaan mesin pencari tersebut mengubah nama layanan menjadi Google Ads pada tahun 2018. Berikut merdeka.com selengkapnya merangkum apa itu Google AdWords, fungsi Google AdWords, dan cara menggunakannya:
Kenali Google AdWords
AdWords adalah sistem periklanan yang dikembangkan oleh Google untuk membantu bisnis menjangkau target pasar secara online melalui platform mesin pencari dan situs mitranya.
Situs mitra ini menghosting iklan teks atau gambar yang muncul di laman setelah pengguna menelusuri kata kunci dan frasa yang terkait dengan bisnis dan produk atau layanannya. Di Google.com, iklan AdWords biasanya muncul di lokasi tertentu di bagian atas dan kanan halaman hasil pencarian.
Anda dapat memilih kata kunci yang terkait dengan merek, produk, layanan, dan industri untuk akun AdWords Anda. Saat pelanggan menelusuri frasa ini, iklan toko Anda akan ditayangkan kepada mereka.
Anda hanya membayar bila pengguna mengeklik iklan Anda dan mengunjungi situs web Anda atau menghubungi kontak bisnis Anda menggunakan "klik untuk menelepon".
Fungsi Google AdWords
Fungsi utama Google AdWords hanyalah untuk membantu Anda menyebarkan berita tentang bisnis, produk, atau layanan Anda.
Google AdWords membantu pelanggan menemukan apa yang mereka cari dengan cara yang lebih cepat dan disesuaikan. Menyertakan posisi penjualan yang unik dalam iklan Anda juga dapat membantu konsumen menentukan mengapa bisnis Anda lebih baik daripada pesaing.
AdWords adalah platform periklanan yang terjangkau dan mudah digunakan yang dapat meningkatkan lalu lintas dan penjualan toko e-niaga.
Fungsi Google AdWords adalah bekerja lebih cepat daripada SEO. Baik SEO dan Google AdWords adalah strategi pemasaran mesin pencari untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas dan arahan.
Namun, kampanye AdWords yang dioptimalkan dengan baik dapat bekerja lebih cepat bagi bisnis untuk mendapatkan tempat pertama yang sangat didambakan dalam penelusuran.
Berikut adalah beberapa alasan mengapa lebih cepat dan lebih efektif:
Anda dapat fokus pada beberapa kata kunci sekaligus.
Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan kampanye kapan pun Anda mau.
Iklan yang muncul di bagian atas halaman mendapatkan visibilitas langsung
Cara Menggunakan AdWords
Untuk menggunakan fungsi Google AdWords, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Tetapkan sasaran akun. Misalnya, jika Anda menggunakan Google Ads untuk membangun merek, struktur akun dan alat yang Anda gunakan akan sangat berbeda jika menggunakan iklan untuk menghasilkan prospek.
2. Kembangkan persona audiens dengan mendefinisikan siapa pelanggan ideal Anda, apa yang mereka lakukan, apa yang mereka cari, dan pada perangkat apa.
3. Lakukan penelitian kata kunci menggunakan alat kata kunci, seperti SEMrush, untuk menemukan, biaya, persaingan, dan volume istilah pencarian di setiap tahap pencarian.
4. Atur akun AdWords Anda ke dalam berbagai kampanye dan grup iklan, masing-masing menampilkan kata kunci dan iklan yang relevan.
5. Setelah Anda mencantumkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, Anda dapat menempatkan iklan Anda di hasil pencarian dengan menawar kata kunci tersebut. Jika persaingan untuk kata kunci tinggi, Biaya Per Klik (BPK) Anda akan terlalu tinggi untuk ditawar. Dalam hal ini, lebih baik mendapatkan perincian dan tawaran untuk kata kunci berekor panjang yang relevan dengan bisnis.
6. Buat salinan iklan. Pastikan untuk menyertakan kata kunci yang relevan, judul yang menarik, ajakan bertindak, dan menghapus ekstensi iklan.
7. Rancang halaman arahan ramah seluler yang berfokus pada manfaat dan fitur produk atau layanan yang Anda coba jual, memiliki gambar berkualitas baik, formulir, dan ajakan bertindak yang jelas.
8. Tempatkan kode Google Analytics di situs web untuk pelacakan konversi.
9. Kunci kampanye iklan yang sukses adalah pengoptimalan reguler dan pengujian A/B dari semua salinan iklan dan halaman arahan
Post a Comment